Cara mengatasi hilangnya Windows 7 setelah install Centos 7

Cara mengatasi hilangnya Windows 7 setelah install Centos 7

Hai para pengguna baru Centos 7! Baru saja saya berhasil menaklukkan Centos 7, saya menginstall Centos 7 tentunya saya pasangkan dengan Windows 7, saya mengikuti step by step cara menginstall Centos 7 dan ketika install berhasil disuruh reboot, nah pas bootloader-nya muncul Windows 7 saya gak ada di menu entri, yang ada cuma Centos 7 dan Centos 7 rescue. Permasalahannya adalah Centos 7 tidak mendukung format ntfs.
Ada 2 cara untuk mengatasi hilangnya Windows 7 setelah install Centos 7
1. mengedit file grub nya
2. menginstall software for linux yang mendukung ntfs
Tapi saya cuma mencoba yang cara 1 dan berhasil.
Berikut Cara mengatasi hilangnya Windows 7 setelah install Centos 7 :

1. Masuk di Centos 7 kalian
2. Buka terminal
3. Edit file 40_custom yang berada di /etc/grub.d
nano /etc/grub.d/40_custom

4. Masukkan kode berikut lalu save:

menuentry "Windows 7" {
set root='(hd0,1)'
chainloader +1
}

PS : Karena saya menginstall Windows 7 terlebih dahulu maka partisi system preserved-nya berada di /dev/sda1 makanya (hd0,1)
5. Setelah itu ketik kode dibawah ini untuk menetapkan konfigurasi yang telah dilakukan
grub2-mkconfig -o /boot/grub2/grub.cfg
6. Restart PC/Laptop
Bagaimana? Windows 7 nya udah muncul di menu entry? Yuk berikan komentar dibawah :)

Comments

  1. akhirnya ketemu juga nih caranya -_- dari kemarin panik windows 7 ku kok ilang, soalnya banyak data data disana

    ReplyDelete
  2. Terima Kasih telah membagikan ilmu anda, Informasi yang
    sangat berguna dan bermutu. mari kita saling kenal jauh
    melalui jaringan blogspot ini dengan saling follow

    Follow balik ya & ditunggu kunjungannya di blog saya :

    http://cerdasmu.blogspot.com/

    semoga kita bisa saling berbagi ilmu yang tiada hentinya
    mengalir dalam dunia ini. TRIMS

    ReplyDelete
  3. kang mau nanya ko saya udh coba ko gak bisa terus yaa ??

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Berikanlah komentar dengan :
1. Positif : berisikan motivasi, saran, kritik.
2. Komentar akan dihapus jika ditemukan komentar yang mengandung SARA, Porno, dan hal kasar lainnya.
3. Tidak dianjurkan comment as "Anonim"

Popular Posts